Bupati Bangli Sebagai Inspektur Upacara Dalam Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-90 Tahun 2018

  • 29 Oktober 2018
  • Pemerintahan
BUPATI BANGLI SEBAGAI INSPEKTUR UPACARA DALAM PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE-90 TAHUN 2018

Dalam upaya membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa yang dijadikan tauladan untuk membangun Bangsa Satukan Indonesia, Senin (29/10) di gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018. Acara yang di pusatkan di lapangan Kapten Mudita Bangli diikuti oleh Forkompimda, Perwakilan Dari TNI, POLRI, ASN, Sekolah dan Instansi Terkait, sebagai Inspektur upacara Bupati Bangli.
Sambutan Menteri Pemuda dan Olah raga Republik Indonesia Imam Nahrawi menyampaikan kita semua berhutang budi pada para tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan sumpah pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini. Dimana komitmen kebangsaan mereka harus kita teladani untuk membangun bangsa, satukan Indonesia. Lanjut tema peringatan Hari Sumpah pemuda ke-90 ini mengambil tema “Bangun Pemuda Satukan Indonesia” tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi pemuda yang beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha Esa, Beraklak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif mandiri, demokratis, bertanggungjawab, berdaya saing serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan dan kebangsaan berdasarkan pancasila undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ditambahkan lagi perkembangan Teknologi informasi ibaratkan dua mata pisau, disatu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan serta membangun sumberdaya serta daya saing, disi lain perkembangn ini membawa dampak yang negatif informsi yang bersifat distruktif mulai dari Hoax, Hate Speech, pornografi, Narkoba, pergaulan Bebas hingga radikalisme dan terorisme juga sangat mudah masuk apabila kaum muda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara. Revolusi mental yang dicanangkan Oleh Presiden Ir. Joko Widodo amatlah relevan mewujudkan pemuda yang maju, dimana cirinya adalah memiliki karakter, berkapasitas dan berdaya saing. Oleh karena itu Revolusi mental harus dapat kita jadikan sebagai pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju, dengan mewujudkan pemuda yang maju berarti kita dapat menghasilkan bangsa yang hebat.
Sementara Itu Bupati Bangli I Made Gianyar,SH.M.Hum.,M.Kn menyampaikan, Sesuai amanat menteri pemuda Olahraga Republik Indonesia bahwasanya setiap jaman ada peluang ada tantangan ada habatan. Generasi pemuda yang hidup sekarang hambatan, tantangannya tentu berbeda dengan pemuda di tahun 1928. Dengan demikian bagaimanaamanan dari Menteri Pemuda dan Olahraga bisa kita maknai dan pahami bersama bahwa tantangan pemuda saat ini adalah untuk membangun daya saing menghadapi kemajuan ilmu pengetahun dan teknologi, apabila para pemuda mampu membangun daya saing, mampu bergerak di sektor teknologi maka Bangsa kita akan masuk dalam arena pergerakan kemajuan dunia. Berproduksilah, produksi yang berkualitas maka entitas kemajuan Bangsa akan tercapai, apabila kita banyak berproduksi positif banyak barang bisa kita hasilkan, maka neraca perdagangan luar negeri kita akan baik yang dampaknya kurs dolar akan menjadi turun, sehingga kemajuan kita dimulai dari diri kita sendiri. “Ayok Bangunlah Generasi muda mengubah dunia seperti yang diamanatkan, yakinlah pengorbanan itu tidak akan sia-sia tetapi akan mendapatkan hasil sesuai dengan pengorbanan itu sendiri” kata gianyar. Ditambahkan lagi untuk kabupaten Bangli sendiri pergerakan anak anak muda sudah sangat luar biasa, banyak para pemuda sudah memulai pergerakan dengan bertani, sehingga setiap jengkal tanah yang ada di Kabupaten angli sudah termanfaatkan untuk pertanian. Sudah tidak lagi ada rasa malu bagi pemuda untuk memulai hal hal baru karna sejatinya manfaatnya sudah dirasakan oleh pemjuda itu sendiri. “Majulah Pemuda, jangan mudah menyerah dan teruslah berusaha” pesan Made Gianyar.

  • 29 Oktober 2018
  • Pemerintahan

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita