Kunjungan Pansus Rtrw Dprd Provinsi Bali Ke Kab. Bangli

  • 28 Januari 2019
  • Pemerintahan
KUNJUNGAN PANSUS RTRW DPRD PROVINSI BALI KE KAB. BANGLI

Bupati Bangli I Made Gianyar SH.Mhum.,Mkn menerima kunjungan kerja Tim Pansus DPRD Provinsi Bali terkait Ranperda nomor 16 Tahun 2009 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah ( RTRW) Bali tahun 2009-2029 Senin (28/1). Acara yang di pusatkan di ruang rapat Krisna Kantor Bupati Bangli, dihadiri oleh Ketua DPRD Provinsi Bali I Nyoman Adi Wiratama, Wakil Ketua Pansus I Nengah Tamba SH bersama anggota, Sekda Kabupaten Bangli IdaBagus Giri Putra bersama Pimpinan OPD di lingkup Pemda Bangli, Tim Ahli DPRD Provinsi Bali. Ketua PHDI, Majelis Madia, MUDP dan Ketua Forkom Kepala Desa.
Menurut Ketua DPRD Provinsi Bali I Nyoman Adi Wiratama ketimpangan pembangunan di Bali Sangat Kentara antara wilayah Bali Selatan dengan wilayah bali utara, Timur dan Barat . Dengan dasar penyempurnaan Perda RTRW diharapkan akan mengurangi ketimpangan tersebut. Karena potensi-potensi yang dimiliki darah lain seperti Bangli sangat luar bisa seperti panorama gunung dan danau batur, kawasan agropolitan seperti kawasan catur dengan kopi arabika dan jeruk, promosi desa songan dengan sayur mayurnya, kawasan minapolitan danua batur.
Dalam diskusi pansus kali ini akan menyerap semua aspirasi, usulan yang akan di sampaikan oleh pemangku kepentingan di Kabupaten Bangli sehingga nantinya perda ini terhadap masyarakat sangat dirasakan.
Bupati Bangli I Made Gianyar Menyampaikan sangat sulit sekali mencari ijin untuk mengembangkan daerah pariwisata karena Kabupaten Bangli merupakan daerah penyangga, Bangli ini ada daerah penyangga konserpasi ada daerah produktif yang bisa dibudidayakan khususnya di daerah-daerah perbatasan. Mudah-mudahan dengan RTRW yang baru keberpihakan bisa kita dapatkan. Usul secara tertulis sudah disampaikan ke pemerintah provinsi 
ditambahkannya seperti halnya juga infrastruktur masih terjadi ketimpangan Persoalan transportasi masih menjadi kendala di Kabupaten Bangli yang menghubungkan antar Kabupaten. Mudah-mudahan dengan adanya bandara di Kubutambahan perekonomian di Kabupaten Bangli bisa tumbuh.
Terkait hal tersebut Kabupaten Bangli mengusulkan peningkatan status jalan Kabupaten menjadi jalan nasional diantaranya pada ruas jalan Penulisan –Pinggan, Pinggan - Blandingan dan Belandingan –Songan dimana jalan ini berada pada Kawasan Strategis Pariwisanta Nasional (KSPN) dan kawasan Geopark Batur serta merupakan jalan menuju pura Kayangan Jagat yakni Pura dalam Balingkang dan Pura Ulun Danu Songan dan juga menjadi akses perekonomian antara Kabupaten Bangli, Kabupaten Buleleng dan Kabupaten Karangasem Ditambahkannya selain itu Bangli juga mengusulkan Kintamani berubah dengan diperbolehkannya kegiatan usaha penyediaan akomodasi, resort, hotel bintang, hotel non bintang, dan fasilitasi rekreasi.

 

  • 28 Januari 2019
  • Pemerintahan

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita