Bupati Bangli Serahkan Penghargaan Kepada Tiga Desa Dengan Kinerja Baik Untuk Program Ungulan Kementerian Pupr Ri

  • 31 Januari 2019
  • Pemerintahan
BUPATI BANGLI SERAHKAN PENGHARGAAN KEPADA TIGA DESA DENGAN KINERJA BAIK UNTUK PROGRAM UNGULAN KEMENTERIAN PUPR RI

BANGLI*PROTOKOL*

Atas keberhasilan salah satu program ungulan kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI di Kabupaten Bangli ,Kamis (31/1) Bupati Bangli I Made Gianyar didampingi Kadis PUPR PERKIM Bangli I Wayan Lawe menyerahkan penghargaan kepada tiga desa dengan kinerja baik untuk Program BSPS dan Sanimas yaitu Desa Katung, Desa Lembean dan Desa Belancan. Acara yang dipusatkan di balai banjar Desa Pakraman Penglipuran ini juga dihadiri Koordinator provinsi Pamsimas III Prov.Bali Efendi Tahir, PPMU Pamsimas Prov. Bali Kadek Sutika, Satker Pamsimas Prov Bali Putu Purnawati, camat dan Perbekel se- Kabupaten Bangli. 
Bupati Made Gianyar pada kesempatan itu menyampaikan untuk menyukseskan kegiatan ini , peningkatan kualitas jalan hidup adalah tujuan utama sebuah pembangunan, dan peran serta masyarakat adalah kunci utama keberhasilan dan percepatan proses pembangunan , maka dari itu program PAMSIMAS, BSPS dan SANIMAS adalah salah satu perwujudan yang tepat dari pelaksanaan program ini’’ujarnya.Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) merupakan salah satu kegiatan pembangunan infrastruktur permukiman berbasis masyarakat. Melalui pendekatan ini , masyarakat difasilitasi untuk secara mandiri dapat memenuhi kebutuhan infrastruktur air minum dan sanitasi” apalagi telah didukung infrastruktur yang bagus seperti jalan hotmix, yang akan memperlancar segala aktifitas masyarakat, sangat mudah kan?”ujar kembali Bupati Made Gianyar. 
Lebih lanjut disampaikan Bupati Made Gianyar, kalau kita mau jujur sejatinya banyak kemajuan telah dicapai dalam pembangunan di Kabupaten Bangli saat ini. Kemajuan ini telah dinikmati masyarakat, hampir tidak ada perbedaan antara desa dan kota. “Kalau kita jujur banyak kemajuan yang kita capai dalam pembangunan ini,”tegasnya.
Dia langsung mencontohkan masalah air bersih. Saat ini air telah mengejar ibu-ibu hingga masuk dapur. Dikatakan, kini ibu-ibu tinggal memutar krant air langsung mengucur. Namun lain halnya zaman dulu, kalau masyarakat membutuhkan air minum masih mengambil ke sungai atau sumber -sumber mata air. Alat yang digunakan pun masih sangat sederhana seperti bonjor, belek dan beruk. “Kalau kita dulu mau minum harus pakai beruk,”tegasnya.
Iapun menambahkan, untuk kemudahan pelayanan juga telah diberikan ke masyarakat, seperti pelayanan kesehatan, pelayanan adminitrasi kependudukan hingga pelayanan perijinan. “Berbagai telah kita berikan ke masyarakat, ingin KTP atau kelengkapan lain kini dengan mudah dan cepat didapatkan,”tegasnya. 
Tak lupa pada kesempatan itu dirinya mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat terutama stakeholder yang selalu bersinergi atas perannya mengawal hingga kegiatan ini berjalan lancar. Ia berharap dengan program stimulasi yang berbasis pendekatan pemberdayaan tersebut dapat menumbuhkan rasa memiliki dan kemandirian dalam masyarakat untuk keberlanjutan hasil yang telah dicapai selama ini.

Sementara itu Ka. Satker Pamsimas kab. Bangli I Wayan Suarsana mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk ucapan dan penghargaan kepada masyarakat dan para pelaku atas peran serta dan kolaborasinya antara pemerintah dan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan di daerah. Lebih lanjut ia sampaikan melalui kegiatan stimulan dan pemberdayaan , masyarakat diharapkan dapat meningkatkan peran sertanya sebagai mitra strategis pemerintah daerah untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan. Dimana kita ketahui “ungkap Suarsana, Kabupaten Bangli memiliki potensi alam dengan sumberdaya yang siap dimanfaatkan apalagi masyarakat Bangli memiliki motivasi yang tinggi untuk kegiatan pemberdayaan dengan tingkat keswadayaan cukup tinggi dibarengi pembangunan infrastruktur jalan yang sudah bagus sehingga memperlancar proses mobilitas kegiatan”ujarnya.

 

  • 31 Januari 2019
  • Pemerintahan

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita