Logo
(0366) 91011, 91032,
  • Kirimkan Aspirasi Anda Melalui SMS Layanan Pengaduan Masyarakat Ketik aduan aspirasi anda, kirim ke 081 936 480 333
  • Berita seputar Kabupaten Bangli yang ada di media cetak dapat dilihat di fasilitas e-Kliping
  • Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Bangli. Dengan adanya website ini diharapkan komunikasi antara masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bangli semakin lancar.
Senin Legi

Made Gianyar

Made Gianyar

Bupati Bangli


Kalender

Mei, 2017
MSSR KJS
  123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031   

Foto Kegiatan


Transparansi Pengelolaan Anggaran Daerah


Produk Hukum


Kritik Saran

Daftar Saran Kirim Saran
Baca Berita

DR. Ir I Wayan Koster,MM Buka Turnamen Ceki di Br. Adat Bebalang Desa Adat Bebalang Bangli.

Oleh : | 03 Maret 2017 | Dibaca : 48 Pengunjung

Dalam uapaya penggalangan dana dan meningkatkan hubungan kekeluaragaan antara masyarakat utamanya dilingkungan Pengempon Pura Payasan Wanagiri dan Gebog domas pura Kehen Kabupaten Bangli, Jumat (3/2) di Gelar acara Turnamen Ceki yang dibuka langsung oleh Wakil Anggota DPR-RI DR. Ir I Wayan Koster,MM. Acara yang dipusatkan di Wantilan Pura Puseh Bale Agung Desa Adat Bebalang, Br. Dihadiri oleh Bupati Bangli, Wakil Bupat Bangli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bangli, Perwakilan Porres Bnagli, Perwakilan Dandim 1626 Bangli, Prajuru Desa Adat Berbalang dan masyarakat peserta Turnawen Ceki
Ketua Panitia Turnamen Sang Putu Dirga menyampaikan, kegiatan turnamen ceki ini dilaksanakan terkait dengan penggalian dana untuk karya ngusaba di pura Payasan Wanagiri, kegiatan ini dilaksanakan sehari dari babak penyisihan dengan dua sesi dari kehadirin apara peserta, lanjut ke sesi semi final dan pada akhirnya ke final. Lanjut kegiatan ini didukung oleh sponsor tokoh masyarakat, dan donatur untuk biaya penyelenggaraan dan termasuk hadiahnya. Kami oftimis dari kegiatan atau turnamen ini akan terkumpul cukup dana yang akan kami gunakan untuk mensuskseskan acara karya usaba yang akan jatuh pada bulan juni mendatang. Jumlah peserta sebanyak kurang lebih 600 orang yang berasal dari Gebog domas pura Kehen, dari unsure pakilitan pakraman termasuk dari luar daerah dan masyarakat dan dukungan dari Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) yang sudah menyelenggarakan event tersebut sampai Sembilan kali. Lanjut disamapaikan Kreeri lomba adalah mengacu pada aturan FORMI yaitu untuk bisa dikatakan menang berdasarka poin yang diperoleh peserta. “bagi peserta dalam satu menja yang mendapat poin tertinggi otomatis menjadi pemenang dan menunggu babak berikutnya sampai akhirnya masuk final” terangnya.
Ucapan Selamat datang disampaikan Kelihan BR. Adat Bebalang I Nyoman Karsana,SE  kepada DR. Ir I Wayan Koster,MM yang didampingi Bupati Bangli I Made Gianyar,SH.M.Hum dan Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta,SE untuk bisa membuka Acara Turnamen Ceki yang dapat terselenggara pada hari ini. Dikatakan kegiatan ini adalah yang pertamna kali dilakukan berdasarkan rekomendasi dari salah seorang warga Br. Adat Bebalang yang sekaligus ketua FORMI, sehingga dengan antosias para peserta akhirnya kegiatan ini dapat diselengarakan pada kesempatan baik ini. “semoga dengan dilangsukannya kegiatan ini kami Warga BR. Adat Bebalang dapat melanjutkan program yang telah kami susun dan dana yang terkumpul bisa untuk melaksanakan karya ngusaba pada bulan juni mendatang” terangnya.
DR. Ir I Wayan Koster,MM yang saat ini menjabat Anggota DPR-RI menyampaikan turnamen ceki yang terse;lenggra pada harm ini adalah salah satu kegiatan positif, meskipun tidak seperti olah raga pada umumnya yang mengeluarkan keringat dan menggunakann otot. Akan tetapi olah raga ini adalah olarraga rekreasi masyarakat yang sudah di sahkan undang undang yang dilanjutkan dengan terbentuknya paguyuban yang ada di daerah Yaitu Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI), lanjut kegiatan ini selain untuk dapat meningkatkan hubungan ikatan persaudaraan antar warga apalagi yang berada di daerah lain, kegiatan ini juga dapat menghasilkan sesuatu yang digunakan untuk kepentinga orang banyak. “Ceki adalah salah satu budaya dan tradisi masyarakat di Bali pada umumnya sehingga hal ini perlu untuk dilestarikan sebagai salah satu muatan local dalam kultur Budaya di Bali” terang Wayan Koster. Ditambahkan lagi Ketika kebersamaan hubungan silahturahmi sudah baik ikan kekeluargaan baik maka barulah program pembangunan bisa dijalankan dngan baik dan itu membutuhkan dukungan dari semua elemen masyrakat. Program pembangunan infrastruktur harus dipenuhi untuk mendukung semua segi bak perekonomian Budaya dan lain sebagainya. “berawal dari hal sederhana kita dukung program pemerintah yang ujungnya meningkatnya taraf hidup masyrakat itu sendiri” terangnya. Di akhir acara ditandai degan pemukulan gong yang sekaligus pertanda turnamen di mulai, sekaligus penyerahan bantuan untuk kelancaran kegiatan dan karya ngusaba yang akan datang dari I Wayan Koster kepada panitia.


Oleh : | 03 Maret 2017 | Dibaca : 48 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Sang Nyoman Sedana Arta

Sang Nyoman Sedana Arta

Wakil Bupati


Video Kegiatan

Baleganjur


Dokumen Perencanaan Daerah


Info Kurs


Agenda Kegiatan


Jajak Pendapat

Bagaimana Menurut Pendapat Anda Tentang Website Ini?

    Res : 602 Responden