Arah Kebijakan Bidang Pendidikan

  • Dibaca: 972 Pengunjung

       Pembangunan pendidikan di Kabupeten Bangli periode 2011 – 2015 diarahkan pada peningkatan kualitas pendidikan sumber daya manusia guna terwujudnya SDM masyarakat maupun aparatur pemerintahan yang profesional, mandiri, dan berdaya saing. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang kian pesat menuntut kesiapan sumberdaya manusia (SDM). Untuk mewujudkan SDM yang cerdas, handal, profesional, dan berdaya saing ini harus diikuti dengan penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas. Pembangunan pendidikan di Kabupaten Bangli diarahkan untuk mampu meningkatan IPM (Indek Pembangunan Manusia). Pembangunan pendidikan di Kabupaten Bangli tidak saja menyangkut komitmen pemerintah daerah berupa dukungan anggaran yang memadai, tetapi juga pelibatan partisipasi aktif masyarakat sendiri, sehingga memungkinkan terlaksananya sistem pendidikan yang berkualitas.


Dalam kaitan ini, kebijakan pembangunan pendidikan di Kabupaten Bangli tahun 2011-2015 diarahkan pada :

  • Memperluas akses dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan bagi masyarakat dan peningkatan daya saing pendidikan.
  • Meningkatakan lama sekolah sesuai usia sekolah menuju pencapaian wajar 12 tahun.
  • Meningkatakan kemampuan akademik dan profesionalisme para pendidik.
  • Meningkatakan manajemen tata kelola pendidikan menuju mutu pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing.
  • Memberdayakan lembaga-lembaga pendidikan dengan meningkatkan manajemen dan pelayanan pendidikan yang transparan dan akuntabel.
  • Meningkatakan ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan.
  • Meningkatkan dan mengembangkan kemitraan Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan.

       Dalam rangka meningkatkan layanan pendidikan yang merata, berkualitas, dan terjangkau pada lapisan masyarakat serta untuk menindaklanjuti isi pasal 27 ayat (1) UUPA maka diupayakan pemenuhan hak penduduk guna memperoleh pendidikan, dimana anak usia 7 Tahun sampai dengan 15 Tahun wajib mengikuti pendidikan dasar tanpa dipungut beaya baik di sekolah negeri maupun swasta. Sebagai tindak lanjut, arah kebijakan pendidikan diutamakan adalah merintis program wajib belajar 12 tahun dan diharapkan dapat dilaksanakan pada periode 2011 -2015. Peningkatan kualitas pendidikan ini diharapkan mampu menumbuhkan/mendorong peningkatan pengetahuan peserta didik. Lebih lanjut, dengan pendidikan yang lebih tinggi diharapkan mampu mewujudkan masyarakat yang bertaqwa, beriman, berakhlak mulia, berbudi luhur, mandiri, disiplin, dan sadar akan tanggung jawabnya di dalam membangun daerah, serta memiliki wawasan dan etos yang tinggi.

       Upaya peningkatan mutu pendidikan ini diterapkan dengan mendistribusikan anggaran pada setiap sekolah dan lembaga pendidikan lainnya, meningkatkan kompetensi guru, meningkatkan presentase tingkat kelulusan, meningkatkan keterampilan dan kemampuan peserta didik, meningkatkan minat baca, mengembangkan dan penciptaan iptek serta menyediakan sarana prasarana pendidikan.

  • Dibaca: 972 Pengunjung