Bupati Bangli I Mede Gianyar Buka Forum Diskusi Politik

  • 15 November 2017
  • Umum
BUPATI BANGLI I MEDE GIANYAR BUKA FORUM DISKUSI POLITIK

Dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarkat secara luas, serta menyamakan persepsi untuk mendukung pelaksanaan pemilu kada yang demokratis langsung umum bebas rahasia jujur dan adil, Rabu (15) Badan KesbangPoll Kabupaten Bangli menggelar acara forum diskusi politik Dengan tema “Meningkatkan Etika Politik partisipasi politik masyarakat dalam rangka mewujudkan demokrasi yang berkualitas” acara yang di gelar di Restauran Madu Sari Kecamatan Kintamani di hadiri oleh forum koordinasi Pimpinan Daerak Kabupaten Bangli, Perwakilan partai Politik, perbekel dan lurah se kabupate Bangli. 

Kepala Badan KesbangPol Kabupaten Bangli terus arsawan melaporkan pelaksanaan kegiatan forum diskusi politik didasari oleh surat keputusan Bupati Bangli nomor: 220.05/334/2017, tentang panitia penyelenggara koordinasi forum diskusi politik tahun 2017. Surat dari menteri dalam negeri RI, nomor 273/3865/SJ tanggal 29 Agustus 2017 perihal sosialisasi undang undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum. Dengan tujuan untuk menyamakan persepsi dalam rangka mendukung peaksanaan pemilu di Kabupaten Bangli yang demokratis langsung umum bebas rahasia jujur dan adil serta untuk meningkatkan partisipasi politik masyarakat secara luas. Peserta diskusi politik berjumlah sebanyak 125 orang terdiri dari para ketua partai politik, unsur muspika se-Kabupaten Bangli Perbekel dan lurah se-Kabupaten Bangli. Dengan narasumber dari Dandim 1626 Bangli dengan materi Kesiapan Kodim 1626 Bangli membantu POLRI dalam upaya menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat saat dilaksanakan pilkada, Wakapolres Bangli denga Tema Kesiapan Resort Bangli dalam upaya menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat saat dilaksanakan pemilihan umum, Ketua KPU Kabupaten Bangli Sosialisasi undang-undang No. 7 ahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan Pemekaran Dapil. Waktu pelaksanaan selam satu hari di Restaurant MaduSari Kaintamani dengan pembiayaan bersumber dari APBD Kabupaten Bangli tahun anggaran 2017.
Sementara itu Bupati Bangli I Made Gianyar,SH.M.Hum.,M.Kn menyambut positif dilaksanakannya forum diskusi politik ini, terlebih menjelang menyongsong Pesta Demokrasi pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Bali tahu 2018. Disisi lain kita turut berbangga karna telah menjadi salah satu pelaku dari peradaban sejarah demokrasi di Indonesia. Untuk itu kita perlu mengejawantahkan undang-undang nomor 7 tahu 2017 tentang pemilihan umum, sehingga kualitas pelaksanaan pemilihan umum di Kabupaten Bangli dapat terlaksana dengan lebih baik. Lebih lanjut disampaikan forum diskusi politik ini merupakan salah satu wadah untuk menyamakan persepsi yang berkaitan dengan pendidikan politik dan pelaksanaan pemilu yang akan terlaksna di tahun 2018 mendatang. “saya berharap dengan dilaksanakan kegiatan ini partisipasi aktif sumbangan saran dan pemikiran dari para peserta forum diskusi politik ini dapat memberi manfaat untuk peningkatan pengetahuan dan wawasan kita semua dibidang politik” kata Gianyar. Ditambahkan lagi setelah dilaksanakan forum ini Para perbekel selaku pemegang kendali di Desanya masing-masing dapat memberi edukasi kepada masyarakat sehingga partisipasi masyarakat dalam hajatan pemilukada dapat meningkat bukan dengan paksaan aka tetapi penuh dengan kesadaran dan sukacita melakukan pemilihan dan menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nuraninya bukan dengan iming-iming dari seseorang atau kelompok tertentu. Dengan pemilihan yang bersih maka akan dapat menghasilkan seorang pemimpin yang bersih pula oleh karena itu sangat perlu untuk melakukan pemilihan dengan berkualitas dan bersih. “menciptakan pemimpin yang sesuai dengan keinginan kita sangatlah penting akan tetapi lebih penting lagi bagaimana proses pemilihan pemimpin itu dapat terlaksana dengan baik, tanpa di coreng dengan sesuatu hal hal yang tidak baik” demikian disampaikan Made Gianyar.

  • 15 November 2017
  • Umum

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita