Pemkab Bangli Gelar Pelaksanaan Hari Suci Siwaratri Di Pura Kehen

  • 15 Januari 2018
  • Umum
Pemkab Bangli Gelar Pelaksanaan Hari suci Siwaratri di Pura Kehen

Pelaksanaan hari suci siwaratri atau sehari sebelum tilem sasih kapitu atau yang sering disebut prawaning tilem kapitu hendaknya dilaksanakan dengan tulus iklas dengan tujuan mengintroveksi diri apa yang sudah dilakukan setahun sebelumnya serta pelaksanannya disesuikan dengan kemampuan, situasi dan kondisi kita masing-masing serta tidak harus atau mesti dilaksanakan selama 36 jam mulai dari jam 6 pagi tadi sampai dengan jam 6 besok pagi.

Demikian dikatakan oleh Ketua PHDI Kabupaten Bangli I Nyoman Sukra saat memimpin pelaksanakan Hari suci Siwaratri di Pura Kehen Bangli yang dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Bangli beserta Pimpinan OPD se Kabupaten Bangli, Kepala Departemen Agama, Kepala Bank BPD Cabang Bangli dan Ketua WHDI Kabuapten Bangli. Senin (15/1/2018)

Lebih lanjut Nyoman Sukra mengatakan ada tiga jenis brata yang hendaknya kita laksanakan yakni upawasa atau puasa, mona atau tidak bicara, dan jagra atau tidak tidur. Sedangkan menurut tingkatan dalam pelaksanaan brata siwaratri adalah ada tiga tingkatan yakni tingkatan utama yaitu puasa, tidak bicara dan tidak tidur selama 24 jam, tingkatan madya yaitu tidak bicara dan tidak tidur atau puasa dan tidak tidur selama 18 jam dan tingkatan nista yaitu tidak tidur selama 12 jam.

Ditegaskannya kembali menurut sastra ajaran agama hindu tingkatan Brata Shiwaratri manapun yg kita pilih hendaknya disesuaikan dengan kemampuan, situasi dan kondisi kita masing-masing dan dilaksanakan dengan penuh keiklasan niscaya akan mendapatkan siwa loka atau mendapatkan kebahagiaan lahir dan batin. Dan yang sangat penting untuk diperhatikan, bahwa hendaknya selama melaksanakan siwaratri perlu dilaksanakan hal-hal seperti memfokuskan diri kepada rasa bhakti yg mendalam kepada Dewa Shiwa. perenungan ajaran suci dharma, menahan diri dari segala perbuatan yg melanggar dharma.

Pihaknya mengajak semua masyarakat Bangli melaksanakan Brata Siwaratri dengan penuh ketulusan dan tanpa pamrih, sebagaimana yg dilaksanakan oleh Lubdaka

  • 15 Januari 2018
  • Umum

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita