Bupati Bangli Tinjau Kegiatan Gerbangdessigot Di Desa Kedisan

  • 29 Januari 2018
  • Umum
Bupati Bangli Tinjau Kegiatan Gerbangdessigot di Desa Kedisan

Bupati Bangli, I Made Gianyar meminta Badan Usaha Milik Desa Kedisan lebih kreatif, sehingga tidak hanya bergelut di unit simpan pinjam saja. Namun diharapkan bisa mengembangkan unit-unit usaha lain sesuai dengan potensi yang ada di desa masing-masing, untuk mendorong pemerataan pembangunan desa di Bangli.

Hal ini disampaikan Bupati Bangli I Made Gianyar, SH, M.Hum, M.Kn, saat mengunjungi Bumdes Kedisan dalam rangka peninjauan penggunaan bantuan program gerbangdesigot tahun anggaran 2017 di Desa Kedisan senin (29/1/2018). Peninjauan Bupati didampingi Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Dewa Bagus Riana Putra, Kadis PUPR I Wayan Lawe, Kadis Kesehatan, I Nengah Nadi, Camat Kintamani Pande Dirga Yusa. Selain Bumdes Bupati juga meninjau pembangunan jalan desa Pande Mas, rehab/bedah rumah KK Pra sejahtera dan pembangunan tembok dan candi bentar pura Dalem Pingit.

Bupati Made Gianyar menyampaikan, pengembangan BUMDes merupakan salah satu upaya mempercepat pembangunan Bangli dari desa, disamping program unggulan lainnya. Seperti alokasi dana desa (ADD) yang nilainya cukup besar ke desa, Gerbangdessigot, Gerbang Gita Santi hingga program hotmix masuk desa. Untuk itu, Bupati Made Gianyar meminta BUMDes Kedisan tidak hanya berkutat di unit simpan pinjam semata. Tapi bisa menjangkau unit lain sesuai dengan potensi yang ada di desa masing-masing. Dengan penyertaan modal sebesar 400 juta diharapkan mampu cepat berkembang, mengembangkan usaha unit lainnya. “Kalau di desa ada potensi pertanian, pertaniannya harus didorong. Kalau ada pasar, pasarnya dikembangkan. Lebih bagus lagi Bumdes bisa menstabilkan harga komoditi potensi desa seperti harga cabai dan harga bawang, Intinya BUMDes Kedisan jangan hanya menjangkau satu unit usaha saja, melainkan bisa mendorong dan mengembangkan semua potensi yang ada di desa untuk kesejahteraan bersama,” jelasnya.

Made Gianyar juga mengapresiasi penggunaan dana program gerbangdessigot sebesar 1 Mellyar sudah tepat sasaran dan telah dipergunakan untuk peningakatan inprastruktur dan pemberdayaan masyarakat.

Perbekel desa Kedisan I Nyoman Gamayana dalam kesempatan itu menyampaikan dana gerbangdessigot sebesar 1 meliyar telah digunakan untuk penyertaan modal Bumdes sebesar 400 Juta, pembangunan jalan desa Pande Mas sebesar 400 juta, penataan Pura puseh sebesar Rp.96.400.000, rehab/bedah rumah KK Pra Sejahtera sebesar 90 juta, dan Pelatihan pengolahan hasil perikanan sebesar Rp. 8.150.000,

Nyoman Gamayana juga mengucapkan rasa terimakasih kepada pemerintah kabupaten Bangli yang telah membantu pembangunan di desanya baik inprastruktur maupun peningaktan SDM dan pemeberdayaan Masyarakat Desa Kedisan. "berharap bantuan di tahun mendatang bisa lebih ditingkatkan."pungkasnya

  • 29 Januari 2018
  • Umum

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita