Bupati Bangli Buka Pembelajaran Tentang Economic Leadership

  • 07 Maret 2018
  • Umum
BUPATI BANGLI BUKA PEMBELAJARAN TENTANG ECONOMIC LEADERSHIP

Dalam rangka peningkatan wawasan para pemimpin perangkat daerah di Kabupaten Bangli, Bupati Bangli I Made Gianyar membuka pembelajaran tentang economic leadership khusunya materi economic leadership boardgame dan neuroleadership pagi tadi, rabu (7 Maret 2018) bertempat di Resto Apung Kintamani, pembelajaran ini diikuti oleh seluruh Pimpinan OPD di Lingkungan Pemkab Bangli dengan menghadirkan narasumber dari Bank Indonesia Institute Jakarta.

Deputi direktur akademi leadership dan general managemen BINS Fretdy Purba mengatakan tujuan dari kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan suatu program salah satunya adalah program Economic Leadership, karena program ini baru lahir 2 tahun dan mempunyai visi dan misinya adalah menciptakan pemimpin ekonomi bangsa, jadi tidak lagi hanya mengajarkan orang-orang BI saja tapi ingin menciptakan pemimpin bangsa yang baik.

Ditambahkannya economic leadership ini merupakan sesuatu bentuk implementasi dari pembelajaran konsep ekonomi leadership yang mempunyai 4 hal yaitu sebagai leader yang artinya pemimpin harus memeliki terobosan, kedua pemimpin harus menjadi pemain yang unggul istilah asingnya disebut gamesandger, ketiga sebagai pemimpin harus bisa membuat berkesinambungan dan yang keempat harus memeiliki wawasan kebangsaan. Didalam menjalankan 4 dari ciri ekonomi leadership ini tentunya didalam pengimplementasiannya perlu diberikan pembelajaran dimana pembelajaran ini pihaknya akan difokuskan adalah hal-hal yang baru yang ada dibawah. Pihaknya yakin setiap daerah itu mempunyai banyak keunggulan keuanggulan suatu contoh di Kabupaten Bangli ini mempunyai Kopi Kintamani dan juga Bawang. Hal ini pihaknya akan mencoba untuk mendorong mengembangkan hal-hal yang lain di Kabupaten Bangli. Bahwa dengan kemampuan aparat pemerintah daerah ini untuk melihat peluang yang lain, dan kedepan pihaknya berharap agar Bangli ini tidak hanya dikenal Kopinya maupun bawangnya tapi hal yang lain yang nantinya para Pimpinan perangkat daerahnya dapat berinovasi untuk mencapai sesuatu yang bisa nantinya mempunyai nilai lebih dari kopi maupun bawang tersebut. Pihaknya berharap dengan pembelajaran ini nantinya kedepan bisa diterapkan dengan lebih baik.

Bupati Bangli I Made Gianyar dalam sambutannya mengatakan, dengan dilaksanakannya kegiatan ini pihaknya berharap agar semua pimpinan OPD di Lingkungan Pemkab Bangli agar mengikuti dengan baik dan apa yang didapat selama pembelajaran ini agar bisa diterapkan diinstansinya masing-masing.

Kegiatan pembelajaran ini dilaksanakan selama 1 hari dengan materi yang diberikan oleh narasumber yakni kerangka economic leadership dengan nara sumber edo lavika dari faculty member BINS, materi penjelasan dan simulasi pembelajaran melalui tools boardgame economic leadership dengan nara sember donni hadiwaluyo dari faculty member BINS, materi debrief/penjelasan dari pembelajaran melalui tools boardgame economic leadership dengan nara sumber gendro salim dari faculty member BINS dan materi neuroleadership untuk menciptakan pemimpin yang agile dan transformatif dengan narasumber Roy Amboro dari faculty member BINS.

  • 07 Maret 2018
  • Umum

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita