Upacara Pepranian Di Pura Alas Arum Desa Pekraman Batur

  • 08 Maret 2018
  • Umum
Upacara Pepranian di Pura Alas Arum Desa Pekraman Batur

Bertepatan dengan werespati paing dukut, Kamis (8/3/2018) masyarakat Desa Batur Kintamani menggelar upacara pepranian di pura Alas Arum desa Batur. Upacara pepranian ini merupakan rangkaian puncak upakara pujawali kesanga dirangkaikan dengan pamelaspas padmasana, gedong, pertiwi dan bale kulkul yang sudah dilaksanakan pada 3 Maret lalu. Upakara pepranian dihadiri oleh Sekda. Kab. Bangli Ir. Ida Bagus Gede Giri Putra MM, didampingi Asisten I Setda Kab. Bangli I Nyoman puja, PHDI Kabupaten dan Propinsi Bali.

Manggala karya Jro Lingsir Alas Arum mengungkapkan, upakara pepranian ini merupakan tradisi masyarakat setempat dalam kaitanya dengan pelaksanaan pujawali di Pura Alas Arum Batur dengan mempersembahkan sarwa rateng oleh masing masing pengempon pura. Upakara ini juga dimaksudkan sebagai bentuk puji syukur kehadapan Ida Betara Betari yang beristana di pura Alas Arum atas segala rahmat yang diberikan sehingga pelaksanaan pujawali kesanga ini berjalan sesuai dengan harapan. disamping juga pepranian ini sebagai penguntat atau penyineb karya.

Dikatakan juga, upakara pepranian ini menggunakan sarana suci, tebasan, tapakan pejati dan banten pepranian yang dipuput oleh dane Jro Balian pura Alas Arum batur. Rentetan upakara pepranian diawali dengan melaksanakan tari baris perang perangan, dilanjutkan dengan metiti suara, sembahyang bersama, ngelamuin banten pepranian dan terakhir ngaturang bakti penyineb karya.

Pura Alas Arum Batur diempon oleh 870 KK. Dimana pembiayaan dari pujawali kesanga dan pemlaspas beberapa palinggih di pura Alas Arum Batur ini berasal dari urunan krama , dan punia dari Pemda. Bangli serta masyarakat. Sedangkan sarana upakara dikerjakan secara gotong royong oleh pengempon pura.

Kita harapkan dengan pelaksanaan karya ini ida betara yang beristana di Pura Alas Arum ini memberikan anugrah, sehingga masyarakat mendapatkan kesejahteraan lahir dan batin dan dijauhkan dari bencana alam yang belakangan sering terjadi. Itu tentunya harapan kita semua “ ungkap Jro Lingsir alas arum

  • 08 Maret 2018
  • Umum

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita