Berkelana Dan Menikmati Eksotisme Gunung Batur

  • 22 Juni 2017
BERKELANA DAN MENIKMATI EKSOTISME GUNUNG BATUR


Seperti halnya Gunung Agung yang terletak di Karangasem, potensi dan keindahan Gunung Batur tak kalah menariknya. Bahkan, keeksotisan dan keindahan Gunung Batur membuat gunung ini merupakan salah satu andalan objek wisata di Kabupaten Bangli. Gunung Batur sangat indah jika dipandang di pagi hari karena selain udaranya yang masih sejuk, wisatawan juga akan ditunjukkan dengan turunnya kabut tipis yang menutupi sebagian puncak Gunung Batur.

Setiap objek wisata yang alami (tanpa dicampuri tangan manusia) hampir dipastikan selalu lekat dengan historinya yang menarik untuk dicari tahu karena senantiasa mengandung misteri berbau mistis. Kadang juga dibumbui dengan cerita-cerita tak masuk akal jika dinalar secara logis dan menggunakan ilmu pengetahuan. Namun justru disitulah letak daya tariknya.

Alkisah, Gunung Batur yang tertuang dalam cerita Lontar Susana Bali, disebutkan merupakan puncak dari Gunung Mahameru yang dipindahkan oleh Batara Pasupati untuk dijadikan Sthana Betari Danuh (Istana Dewi Danu). Sehingga karenanya oleh mayoritas masyarakat setempat Gunung Batur dianggap memiliki kekuatan magis yang kental dengan unsur gaibnya. Maka, pada waktu tertentu seluruh umat Hindu yang berasal dari berbagai daerah di Bali datang ke Gunung Batur ini untuk menghaturkan Suwinih (semacam sesajen) guna menghindari bencana hama yang melanda ladang mereka.

Di setiap objek wisata pasti selalu ada kawasan favorit pengunjung yang seringkali dieksplorasi untuk semakin meningkatkan traffic kunjungan wisata. Nah, di Gunung Batur sendiri memiliki beberapa kawasan yang ditonjolkan yakni kawah gunung, kaldera, dan danau yang kita kenal dengan Danau Batur. Yang menarik ada aliran air didalam tanah yang mengalirkan air Danau Batur ke berbagai daerah di Bali sehingga muncul menjadi matar air dan disebut dengan Tirta Suci.

Lokasi Gunung Batur sendiri berdekatan dengan Danau Batur yang bisa ditempuh sekitar 1 jam perjalanan dari Ibukota Denpasar. Jika datang di pagi hari, maka dipastikan pengunjung selain bisa melihat dan merasakan suasana Gunung Batur yang sangat alami dan sejuk, juga bisa mengeksplorasi keseluruhan wilayah yang menjadi favorit para wisatawan, termasuk juga Danau Batur yang terletak di kaki gunung. (Sumber : bali.panduanwisata.com)

Tripadvisor menganugerahkan penghargaan Sertifikat Keunggulan kepada Pendakian Gunung Batur yang secara konsisten menunjukan komitmennya utuk mencapai perfoma luar biasa di Industri Pariwisata khususnya memberikan pelayanan yang terbaik kepada wisatawan (Sumber Disparbud Kabupaten Bangli).

  • 22 Juni 2017

Pariwisata Terkait Lainnya

Cari Pariwisata